Gapunya banyak modal, jadikan jasa sebagai peluang bisnis

Bisnis jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa). Bisnis jasa juga bisa anda lakukan jika anda hanya mempunyai modal yang minim.  banyak orang yang menjadikan jasa sebagai bisnis yang menambah omset yang banyak. Berbisnis jasa juga tidak kalah seru dan tidak kalah menguntungkan nya seperti bisnis yang lainnya. Asal anda selalu tekun untuk mencapai nya. Bisnis di bidang jasa akhir – akhir ini kian tumbuh pesat. Salah satunya karena usaha ini hanya mengandalkan modal keterampilan dan keahlian. Ada banyak contoh peluang usah dalam bidang jasa. Jika anda hendak memulai suatu usaha yang menjajinkan dan prospek cerah, tidak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan anda di bidang tertentu. Kemudian menjadikan lahan bisnis dengan membuka usaha jasa.  Untuk pemula yang ingin menekuni bidang jasa anda harus mengetahui dulu keuntungan dan kerugiannya. Berikut pemaparannya

Karakteristik dari jasa :
Jasa memiliki beberapa karakteristik yang di antaranya sebagai berikut :
Tidak memiliki wujud (sifatnya abstark dan tidak bisa dilihat)
Produk yang di hasilkannya tidak standar atau bervariasi (heterogenitas).
Tidak dapat dipisahkan (produk dihasilkan dan dikomsumsi secara bersama – sama )
Tidak dapat disimpan, karena tidak memiliki wujud

Kelebihan Bisnis Jasa :
Tidak memerlukan modal yang besar
Tidak memikirkan proses distribusi
Tidak perlu memikirkan stok
Tidak ada pengendapan modal kecil

Kekurangan Bisnis Jasa :
Kualitas jasa dapat diketahui setelah konsumen membeli jasa
Jasa yang sudah di beli tidak dapat dikembalikan atau di rektur

Lalu bagaimana menjalanakan bisnis jasa agar omset terus meningkat atau menguntungkan bagi anda. Simak cara sukses berbisnis  jasa di bawah ini :

Membangun kepercayaan konsumen
Anda harus membuat mereka percaya bahwa jasa yang anda berikan sesuai seperti yang janjikan, sesuai dengan slogan atau pesan yang anda komunikasikan lewat usaha promosi anda. Jasa tidak dapat diretur. Jika suatu jasa dibeli tetapi tidak memenuhi harapan konsumen, mereka tidak dapat mengembalikan atau menukarnya seperti yang bisa dilakukan oleh bisnis produk. Kegagalan layanan yang disebabkan oleh tidak memberikan kepuasan pelanggan akan mengorbankan waktu dan kepercayaan konsumen.

Bukti fisik
Jasa yang anda tawarkan harus dikomunikasikan dan ditindaklanjuti secara baik dan benar. Anda menciptakan suatu User Experience, kepuasan atau kenyamana yang anda berikan kepada pelanggan tidak berwujud. Sehingga komunikasi dan dokumentasi bisa berupa ulasan pelanggan terhadap bisnis anda adalah salah satunya bukti fisik yang harus anda bagikan untuk membangun citra positif bagi bisnis jasa anda.

Jika strategi bisnis jasa anda sudah matang. Maka berikutnya anda harus membuat perencanaan an pencatatan keuangan yang matang juga. Jangan sampai pencatatn transaksi jasa anda terlihat berantakan dan tidak terorganisir dengan baik. Bisnis jasa saat ini sangat beragam mulai dari laundry, steam mobil atau motor, bengkel, jastip ( Jasa titip ), dan masih banyak yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

BKKBN Mengadakan WEBINAR Guna Memperingati Hari Keluarga Nasional

kelayakan bisnis