Perlunya Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha

 


Setelah mempunyai ide bisnis, maka kita pastinya akan membangun bisnis tersebut. Setelah perusahaan itu berdiri apa langkah selanjutnya. Bagaimana bisa mengatur orang – orang yang terlibat dalam organisasi perusahaan untuk dapat bekerjasama melalui suatu proses yang disebut dengan managemen. Maka dari itu kita harus memahami manajemen organisasi dan menerapkannya agar bisnis anda berjalan lancar. Berikut pengertian manajemen organisasi menurut para ahli:

Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli
Ø  George R. Terry
Aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi.
Ø  Luther M Gulick
Segala hal yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir(Organizing), pelengkapan tenaga kerja(Staffing), mengarahkan(Directing), menyelaraskan/ mengkoordinir(Coordinating), melaporkan(Reporting), dan menyusun anggaran(Budgeting).
Ø  Henry Fayol
Aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), mengkoordinir(Coordinating), dan pengawasan (controlling),dimana rangkaian aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai Goal
Organisasi.
Ø  Koontz Dan O.Donnel
Sebuah aktivitas organisasi yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir(Organizing), melengkapkan tenaga kerja (Staffing), mengarahkan(Directing), dan pengawasan (controlling),

Secara garis besar definisi manajemen organisasi yang dijelaskan oleh para ahli diatas terlihat sama. Namun, pelaksanaannya sesuai dengan visi misi masing – masing organisasi yang berbeda.

Tujuan Manajemen Organisasi
Tujuan utama organizational management dalam perusahaan adalah untuk mencapai apa yang diinginkan oleh organisasi tersebut dengan cara seefisien mungkin. Sehingga dalam jangka panjang dapat menjamin profitabilitas perusahaan.
Manajemen organisasi bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan dalam suatu bisnis atau perusahaan, terutama dalam bisnis yang sedang berkembang, tanpa adanya manajemen organisasi yang baik bisa menjadi penyebab kemunduran profibilitas perusahaan hingga berujung pada perpecahan secara internal.
Berikut adalah beberapa tujuan manajemen organisasi:
1.      Membentuk koordinasi yang baik antar divisi individu
2.      Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efektif pemberian rasa aman dan kesatuan diantara karyawan
3.      Menciptakan suasana agar bekerja dengan rasa tanggung jawab
4.      Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara yang paling efisien melalui pembentukan karakter sumber daya
Menejer akan berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya dimiliki dengan perencanaan dan pengendalian yang tepat ditempat kerja. Dengan hal ini maka anggota dapat menyadari peran dan tanggung jawab masing – masing terhadap perusahaan. 

Fungsi Manajemen Organisasi. 

·         Fungsi perencanaan (palanning)
Bagaimana menentukan arah yang akan ditempuh dan kegiatan – kegiatan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Dalam menentukan arah perusahaan diantaranya adalah apa yang akan dicapai, bagaimana cara mencapainya, kapan dan berapa lama kebutuhan waktu untuk mengerjakan serta siapa yang akan melakukan pekerjaannya. Sehingga diharapakan rencana kerja perusahaan yang telah tersusun ini nantinya dapat digunakan sebagai pedoman bekerja dan sekaligus sebagai tolak ukur standar dalam melakukan pengawasannya.

·         Fungsi pengorganisasian (Organizing)
Buatlah struktur organisasi perusahaan, yaitu mengelompokkan berbagai kegiatan yang ada dalam unit – unit kerja. Tujuannya adalah agar supaya tertata dengan jelas tugas dan fungsi dari masing- masing unit dan orang – orang yang terlibat dalam kegiatan perusahaan. Adapun struktur organisasiyang akan dibahas adalah struktur organisasi untuk perusahaan yang baru didirikan. Yang relatif skala usahannya masih kecil, dengan volume pekerjaan yang relatif belum banyak dan penggunaan tenaga kerja yang masih terbatas.

·         Fungsi pengarahan (Actuating)
Menggerakkan dan mengarahkan orang – orang yang terlibat dalam organisasi perusahaan agar menjalankan tugas sesuai dengan tuags dan wewenangnya yag telah ditentukan atau sesuai uraian tugasnya ( job description ). Agar mereka dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan uraian tugas sudah tentu dengan cara memberikan perintah, petunjuk, dan motivasi dengan berpedoman pada rencana yang disusun.

Fungsi Pengendalian atau Pengawasan ( Controling )
Kegiatan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan apakah pencapaian tujuan sudah sesuai dengan rencana atau standar yang telah ditetapkan. Disinilah perlunya peranan pengendalian yaitu meluruskan kegiatan yang mungkin terjadi penyimpanan dalam percapaian tujuan.

·         Fungsi kepegawaian (Staffing)
Suatu organisasi harus memiliki management yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi tersebut. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan memberikan
sembangsih yang besar pada organisasi.

·         Fungsi Pengarahan (Lead)
Bukan hal yang asing lagi bahwa manajer berperan untuk mengarahkan anggota tim sesuai target yang jelas. Fungsinya adalah supaya sumber daya bekerja dengan arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

·         Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)
Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini berkaitab dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu dan dengan cara kerja waktu yang benar.

·         Fungsi Motivasi (Motivation)
Manajemen perusahaan juga berperan penting dalam memberikan motivasi kepada anggotannya. Dengan adanya motivasi tersebut maka para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik. Cara memberikan motivasi adalah dengan memberikan penghargaan atas kinerja yang baik dari karyawan, baik itu dalam bentuk remunerasi.


Comments

Popular posts from this blog

BKKBN Mengadakan WEBINAR Guna Memperingati Hari Keluarga Nasional

kelayakan bisnis