Business Model Canvas
Business Model Canvas
sumber: jurnalpost.com |
Hay guys, di sini aku mau ngebahas tentang Business model
canvas yag terdiri dari 9 pilar utama yang merangkum proses bisnis mulai dari
value perusahaan, segmen pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilam
blog ini sebenernya ita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis vinansial
atau tidak. Nah sebelum ke 9 pilar tersebut kita ketahui dulu yuk pengertian
dari Business model canvas iu sendiri.
Pengertian
Business Model Canvas
Suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang
bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan dan menangkap nilai – nilai
baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk – bentuk nilai lainnya. Businnes model
canvas (BMC) ialah suatu kerangka kerja
yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas
lukisan, agar dapat dimengerti dana di pahami dengan mudah model ini digunakan
untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis,
agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.
BMC dapat digunakan untuk semua lini bisnis tanpa
terbatas sektor usahannya. BMC sangat membantu untuk mempercepat proses
analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Dengan mengetahui kekuatan dan
kelemahan, maka analisis kebutuhan dan profit dapat dilakukan dengan cepat. Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan
oleh Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk
mempresentasikan elemen- elemen penting yang terdapat dalam sebuah model
bisnis. Jika dilihat sepintas, sebenernya alur model bisnis kanvas nampak cukup
sederhana. Secara garis besar, alurnya mengalir dari satu elemen bisnis menuju
elemen penting berikutnya. Berikut adalah 9 elemen yang terdapat dalam bisnis
model kanvas.
Customer
Segments
Elemen pertama yang harus anda miliki dalam memulai
bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan
menjadi target bisnis. Misalnya, suatu maskapai penerbangan mengeluarkan 2
produk untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda, atau ada 2
stasiun televisi yang menyajikan 2 acara berbeda untuk memenuhi segmen
pelanggan yang berbeda.
Value
Proposition
Ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa
saja sesungguhnya poin- poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan
perusahan bagi customer segment-nya. hal ini menjadi kesempatan bagi anda untuk
menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis anda dengan bisnis
yang lain.
Channels
Melalui penggunaan channels yang tepat, anda baru bisa
menyampaikan value propositions kepada customer segments. Jadi, cobalah
pikirkan channels yang ingin anda gunakan dengan baik, karena penentuan
channels adalah salah satu elemen penting bagi keberhasilan sebuah bisnis.
Revenue
Streams
Revenue streams merupakan bagian yang paling vital,
dimana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus
dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapat bisnis. Jangan sampai
ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.
Key
Resource
Key resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang
berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki
perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya,
mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan
proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.
Customer
Relationship
Ini merupakan elemen di mana perusahaan menjalin ikatan
dengan pelanggannya. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan
tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang
kurang baik.
Key
Activities
Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan
dengan produktivitasnya bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, dimana
kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.
Key
Partnership
Elemen ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu
barang atau layanan lainnya. Posisi – posisi partner kunci tersebut bermanfaat
untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat. Tak ada
salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan
ekspektasi.
Cost
Structure
Elemen terakhir yang tak kalah pentingnya dengan
kedelapan elemen lainnya adalah struktur pembiayaan bisnis. Mengelola biaya
secara efisien akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa
meminimalkan risiko kerugian. Hal ini juga dapat menentukan proposisi nilai
yang tepat untuk pelanggan. Pada elemen terakhir ini, tentu dibutuhkan laporan
keuangan yang tepat.
Tools apa yang bisa anda gunakan membuat Business Model
Canvas ?
-
Download
temple via strategyzer, print lalu isi dengan sticky notes
-
Powerpoint
-
Sketch
lansung melalui kertas
Contoh Bisnis Model Canvas Bisnis Makanan
sumber: slideshare.com |
Nah, itulah tadi penjelasan dari Business Model Canvas,
jika kamu sudah dapat mengerti. Sekarang sebaiknya cobalah membuat Business
Model Canvas, karna dapat membantu
menatakan bisnis anda secara terstruktur lhoo...
Comments
Post a Comment