Business Model Canvas


Business Model Canvas

sumber: jurnalpost.com
 
Hay guys, di sini aku mau ngebahas tentang Business model canvas yag terdiri dari 9 pilar utama yang merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilam blog ini sebenernya ita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis vinansial atau tidak. Nah sebelum ke 9 pilar tersebut kita ketahui dulu yuk pengertian dari Business model canvas iu sendiri. 

Pengertian Business Model Canvas
Suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan dan menangkap nilai – nilai baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk – bentuk nilai lainnya. Businnes model canvas (BMC)  ialah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dana di pahami dengan mudah model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.
BMC dapat digunakan untuk semua lini bisnis tanpa terbatas sektor usahannya. BMC sangat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan, maka analisis kebutuhan dan profit dapat dilakukan dengan cepat.  Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen- elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Jika dilihat sepintas, sebenernya alur model bisnis kanvas nampak cukup sederhana. Secara garis besar, alurnya mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya. Berikut adalah 9 elemen yang terdapat dalam bisnis model kanvas.

Customer Segments
Elemen pertama yang harus anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis. Misalnya, suatu maskapai penerbangan mengeluarkan 2 produk untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda, atau ada 2 stasiun televisi yang menyajikan 2 acara berbeda untuk memenuhi segmen pelanggan yang berbeda.
Value Proposition
Ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin- poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahan bagi customer segment-nya. hal ini menjadi kesempatan bagi anda untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis anda dengan bisnis yang lain.
Channels
Melalui penggunaan channels yang tepat, anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments. Jadi, cobalah pikirkan channels yang ingin anda gunakan dengan baik, karena penentuan channels adalah salah satu elemen penting bagi keberhasilan sebuah bisnis.
Revenue Streams
Revenue streams merupakan bagian yang paling vital, dimana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapat bisnis. Jangan sampai ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.
Key Resource
Key resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.
Customer Relationship
Ini merupakan elemen di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.
Key Activities
Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitasnya bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, dimana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.
Key Partnership
Elemen ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya. Posisi – posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi.
Cost Structure
Elemen terakhir yang tak kalah pentingnya dengan kedelapan elemen lainnya adalah struktur pembiayaan bisnis. Mengelola biaya secara efisien akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan risiko kerugian. Hal ini juga dapat menentukan proposisi nilai yang tepat untuk pelanggan. Pada elemen terakhir ini, tentu dibutuhkan laporan keuangan yang tepat. 

Tools apa yang bisa anda gunakan membuat Business Model Canvas ?
-          Download temple via strategyzer, print lalu isi dengan sticky notes
-          Powerpoint
-          Sketch lansung melalui kertas

Contoh Bisnis Model Canvas Bisnis Makanan
sumber: slideshare.com

Nah, itulah tadi penjelasan dari Business Model Canvas, jika kamu sudah dapat mengerti. Sekarang sebaiknya cobalah membuat Business Model Canvas,  karna dapat membantu menatakan bisnis anda secara terstruktur lhoo...

Comments

Popular posts from this blog

BKKBN Mengadakan WEBINAR Guna Memperingati Hari Keluarga Nasional

kelayakan bisnis