aspek pemasaran dalam berwirausaha
Aspek pemasaran dalam berwirausaha
aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan
kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali
aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga ia
dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. nantinya
aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan anda dalam menjalankan
sebuah usaha
4 Aspek Pemasaran Yang Penting Untuk Diketahui Sebelum
Memulai Usaha
·
Segmentasi
Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar
bedasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi,tingkat penghasilan, psikografis,
dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan
segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran
akan berjalan dengan lancar. Sebuah segmen pasar yang memiliki ciri khusus
adalah segmen pasar yang belum terlayani atau sudah di layani namun belum pada
tingkat yang maksimal. Setidaknya ada 3 hal yang bisa mendukung segmentasi
pasar agar lebih efektif. Faktor pendukung tersebut adalah measurability,
accessibility, dan substantiality.
Measurability adalah informasi mengenai sifat – sifat pembeli
tentang sejauh mana sifat mereka tersebut dapat diukur. Misalnya saja jika anda
ingin mengukur jumlah pembeli pakaian maka anda bisa tahu faktor apa yang
mendorong mereka membeii sebuah mobil. Apa dari segi kualitas, status atau
ekonomis.
Accessibility yaitu dimana sebuah perusahaan dapat mampu
secara maksimal memusatkan usaha memasarkan suatu produk pada segmen pasar
tertentu.
Substantiality yang mana merupakan tingkat dimana sebuah
segmen cukup luas dan besar untuk melakukan kegiatan pemasaran sendiri.
·
Analisa
Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini
akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, anda juga
dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi
yang akan anda berikan kepada konsumen. Peramalan permintaan bisa dijadikan dasar
untuk menentukan kuota serta pengalokasian SDM/ tenaga kerja.
·
Analisa
Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup
signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Bisa
dibilang analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam
studi kelayakan bisnis. Agar perusahaan anda tidak kalah dari kompetitor maka
anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana anda
memposisikan perusahaan anda dalam dunia bisnis.
pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau
memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing
potensial dan pesaing umum. Anda buatlah strategi pemasaran bedasarkan kekuatan
serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, anda juga bisa melakukan
indentifikasi terhadap peluang. Maupun ancaman terhadap bisnis anda.
·
Promosi
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting..
promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli
agar melakukan pembelian. Tujuan promosi adalah memberitahukan konsumen tentang
penawaran produk, manfaat dari produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk
melakukan pembelian dan mempertahankan merek produk dimata konsumen. Dalam melakukan
promosi, anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta
menggunakan kata – kata dan aksi persuasif. Anda dapat melakukan iklan,
personal selling atau pun cara promosi yang lain.
Nah dalam setiap usaha promosi sebuah perusahaan bisa
menggunakan salah satu dari variabel diatas atau mengkombinasikannya. Dengan kombinasi
yang tepat maka variabel – variabel diatas akan mampu membentuk marketing mix yang
akan sampai ke target pasar.
Comments
Post a Comment