aspek pemasaran dalam berwirausaha


Aspek pemasaran dalam berwirausaha

aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan anda dalam menjalankan sebuah usaha 



4 Aspek Pemasaran Yang Penting Untuk Diketahui Sebelum Memulai Usaha

·         Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar bedasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi,tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar. Sebuah segmen pasar yang memiliki ciri khusus adalah segmen pasar yang belum terlayani atau sudah di layani namun belum pada tingkat yang maksimal. Setidaknya ada 3 hal yang bisa mendukung segmentasi pasar agar lebih efektif. Faktor pendukung tersebut adalah measurability, accessibility, dan substantiality.
Measurability adalah informasi mengenai sifat – sifat pembeli tentang sejauh mana sifat mereka tersebut dapat diukur. Misalnya saja jika anda ingin mengukur jumlah pembeli pakaian maka anda bisa tahu faktor apa yang mendorong mereka membeii sebuah mobil. Apa dari segi kualitas, status atau ekonomis.
Accessibility yaitu dimana sebuah perusahaan dapat mampu secara maksimal memusatkan usaha memasarkan suatu produk pada segmen pasar tertentu.
Substantiality yang mana merupakan tingkat dimana sebuah segmen cukup luas dan besar untuk melakukan kegiatan pemasaran sendiri.


·         Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, anda juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan anda berikan kepada konsumen. Peramalan permintaan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota serta pengalokasian SDM/ tenaga kerja.

·         Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Bisa dibilang analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Agar perusahaan anda tidak kalah dari kompetitor maka anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana anda memposisikan perusahaan anda dalam dunia bisnis.
pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum. Anda buatlah strategi pemasaran bedasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, anda juga bisa melakukan indentifikasi terhadap peluang. Maupun ancaman terhadap bisnis anda.

·         Promosi
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting.. promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Tujuan promosi adalah memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mempertahankan merek produk dimata konsumen. Dalam melakukan promosi, anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata – kata dan aksi persuasif. Anda dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara promosi yang lain.

Nah dalam setiap usaha promosi sebuah perusahaan bisa menggunakan salah satu dari variabel diatas atau mengkombinasikannya. Dengan kombinasi yang tepat maka variabel – variabel diatas akan mampu membentuk marketing mix yang akan sampai ke target pasar.  

Comments

Popular posts from this blog

BKKBN Mengadakan WEBINAR Guna Memperingati Hari Keluarga Nasional

kelayakan bisnis